Senin, 14 Mei 2012

PETUNJUK PENULISAN

Ruang Lingkup
         Jurnal Perikanan Dan Kelautan memuat hasil-hasil penelitian/kajian yang meliputi bidang perikanan laut, perikanan budidaya, pengolahan perikanan, pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan secara luas.

Struktur Naskah:
• Judul: Ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris)
• Nama,institusi, alamat, dan email penulis pertama.
• Abstrak: Ditulis dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia)
• Teks Utama: terdiridari Pendahuluan (termasukTujuan), Metode penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.
• Menyertakan biodata lengkap seluruh penulis pada lembar terpisah dengan naskah (Menca-kup nama lengkap, alamat lengkap rumah dan instansi)

Format Penulisan:
- Naskah diketik dengan program MS-Word dalam 1,5 spasi, margin 4 cm (kiri), 3 cm (atas), 3 cm (bawah), dan 3 cm (kanan), kertas A4, font 12 times news roman, jumlah naskah maksimal 10 halaman (termasuk tabel dan gambar).
- Judul Naskah tidak lebih dari 15 kata dan mencerminkan isi naskah, diikuti dengan nama penulis. Jabatan atau instansi penulis ditulis sebagai catatan kaki di bawah halaman pertama.
- Abstrak merupakan ringkasan penelitian dan memuat tidak lebih dari 250 kata. Kata kunci 3-5 kata.
- Pendahuluan secara ringkas menguraikan masalah-masalah, tujuan, dan pentingnya penelitian. Jangan menggunakan sub bab.
- Metode Penelitian secara jelas dan ringkas menguraikan tahapan penelitian, bahan serta alat sehingga memungkinkan peneliti lain untuk mengulangi penelitian yang terkait.
- Hasil disajikan secara jelas tanpa detil yang tidak perlu.
- Pembahasan membahas hasil penelitian, selanjutnya dibandingkan dengan referensi ilmiah (literatur dan hasil penelitian terdahulu)
- Tabel disajikan dengan judul di bagian atas dan keterangan di bagian bawah tabel. Tabel diketik menggunakan program MS-Excel.
- Gambar skema, diagram alir, dan foto diberi nomor urut dengan angka Arab. Judul dan keterangan gambar diletakkan di bawah gambar. Gambar dalam hitam putih.
- Istilah Asing. Istilah/kata asing, penulisannya dicetak miring (italic).
- Nama Latin. Nama latin dari suatu species, penulisannya dicetak miring (italic).
- Angka. Penulisan angka desimal menggunakan tanda koma (,). Penulisan angka ribuan dipisahkan dengan menggunakan tanda titik (.). Penulisan nilai uang, menggunakan nama mata uang seperti Rp 1.000 (untuk Rupiah), US$1.000 (untuk Dollar US).
- Kesimpulan disajikan secara ringkas dengan mempertimbangkan judul naskah, maksud, tujuan, serta hasil penelitian.
- Daftar Pustaka disusun berdasarkan abjad tanpa nomor urut dengan urutan sebagai berikut: Nama pengarang. Tahun terbit. Judul artikel. Judul buku atau nama dan nomor jurnal. Tempat terbit: nama penerbit. Halaman terbit. Sebagai
contoh:
Arvedlund, MJ. Craggs & J. Pocerelli. 2001. Coral Culture Possible Future Trends and Direction.  Denmark. p. 16-31.
Hadi ES. 2009. Komparasi hull performance pada konsep design kapal ikan multi fungsi dengan lambung katamaran. Kapal. 6:212-217.
Nybakken. 1982. Biologi Laut Suatu Pendekatan Ekologis. (alih bahasa HM Eidman, Koesbiono, Dierrich Geoffrey Bengen, Malikusworo Hutomo dan Sukristiyono Sukardjo 1986). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. hlm 127-167.
Tupper EC. 2004. Introduction to Naval Architecture. 4th edition. England: Elsevier Butterworth–Heinemann. p. 30-37.
Utama KAP, D Manfaat, M Wartono. 2007. Tinjauan desain dan hidrodinamika kapal-kapal ikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Tahun IV Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan: Yogyakarta, 28 Jul 2007. Yogyakarta: Jurusan Perikanan dan Kelautan Fakultas Pertanian UGM. hlm 1-6.
Yilmaz H, A Kükner. 1999. Evaluation of cross curve of fishing vessels at the preliminary design stage. Ocean Engineering 29:979-990.
Publikasi yang tak diterbitkan dapat digunakan, seperti contoh sebagai berikut:
Ghaffar, MA. 2006. Optimasi pengembangan usaha perikanan mini purse seine di Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan [Tesis]. Bogor: Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. 115 hlm.
Minimal menggunakan 5 jurnal ilmiah sebagai referensi. Cetak Lepas (Reprint) Penulis akan menerima cetak lepas (reprint) sebanyak 1buah secara cuma-cuma. Tulisan yang disusun oleh lebih dari seorang penulis, pembagian diserahkan pada yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar